Keuntungan Bisnis Dropship dan Efektifitasnya Bagi Pebisnis Pemula
keuntungan bisnis online dropship

Bisnis online dropship merupakan model bisnis yang cocok bagi wirausaha yang baru mulai berbisnis melalui e-commerce. Dropship sendiri merupakan metode pemenuhan toko atau ritel dengan tidak menyimpan produk yang sedang dijual. Maknanya, toko yang menjual produk menggunakan model dropshipping akan membeli produk dari pihak ketiga dan mengirimkannya langsung ke konsumen.

Secara sederhana, penjual tidak harus menangani produk secara langsung, tetapi sebagai penyalur suatu produk penjualan dengan sistem dikirimkan langsung dari produsen ke konsumen. Dengan dropship, penjual pemula juga dapat dengan mudah menguji dan mencoba berbagai ide bisnis dengan kerugian terbatas, yang memungkinkan penjual dapat memilih dan memasarkan produk yang diminati. Dengan begitu populernya bisnis online dropship, berikut beberapa keuntungan bisnis dropship dan efektivitasnya bagi pebisnis pemula:

1.      Modal Lebih Sedikit.
Bisnis dropship membuat penjual dapat melakukan kegiatan jual beli tanpa melakukan pembelian produk kecuali sudah dilakukan pembayaran oleh konsumen. Penjual juga tidak perlu melakukan investasi inventaris, seperti pada bisnis sepatu, pemilik usaha tidak harus memiliki rak sepatu atau tempat penyimpanan sepatu. Penjual hanya perlu mencari produk sepatu yang ingin dijual dan meluncurkannya pada situs e-commerce, sehingga modal yang keluar lebih sedikit.

2.    Lebih Mudah Untuk Memulai.
Menjalankan bisnis model dropship cenderung lebih mudah untuk dimulai lantaran tidak perlu mengelola dan berurusan dengan produk fisik. Seperti tidak harus membayar gudang, mengatur pengemasan dan pengiriman serta packaging-nya, menangani pengembalian dan pengiriman barang, serta melakukan update stok barang. Hal tersebut dinilai lebih efektif karena dapat menghemat waktu dan tenaga penjual namun usaha tetap dapat berjalan.

3.      Biaya Operasional Yang Rendah.
Overhead atau biaya operasional yang sedang berjalan cenderung lebih rendah dengan melakukan bisnis dropship. Biaya overhead sendiri meliputi biaya operasional, seperti pembayaran warehouse atau gudang, pembayaran listrik, dan komponen pelengkap lain. Faktanya, saat ini telah banyak toko dropship yang sukses dijalankan sebagai bisnis rumahan.

4.      Lokasi Fleksibel.
Salah satu manfaat dan keunggulan dari bisnis dropship yang tengah banyak ditekuni saat ini adalah dapat dilakukan dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Penjual dapat menjalankan bisnis dropship selama tetap dapat berkomunikasi dengan pihak ketiga pemasok dan konsumen dengan mudah, maka bisnis dropship tetap dapat dikelola.

5.      Pilihan Produk Yang Bervariatif.
Karena penjual tidak perlu melakukan pembelian produk yang dijual, penjual dapat menawarkan berbagai jenis produk, baik yang sedang tren atau yang banyak dibutuhkan calon konsumen. Sehingga ketika ada pembeli, penjual hanya tinggal mencari pemasok untuk dapat mendapatkan produk tersebut. Selain itu, bisnis dropship yang bervariatif pun dapat dijadikan sebagai uji coba penjual untuk melihat selera konsumen terhadap kategori produk. 
Oleh karena itu, bisnis dropship menjadi efektif karena bermanfaat untuk dijadikan simulasi pembuatan daftar produk yang berpotensi untuk dijual sebelum melakukan upgrade toko dengan penambahan inventaris dan pembelian produk dalam jumlah yang besar.
Back
Lihat Artikel Lainnya
Influencer, Terobosan Baru Kesuksesan Bisnis Masa Kini di Media Sosial
Influencer, Terobosan Baru Kesuksesan Bisnis Masa Kini di Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu bentuk pemasaran electronic word of mouth yang biasa digunakan. Pemasaran yang dilakukan melalui media sosial nyatanya membuka banyak peluang untuk sebuah bisnis. Selain untuk mengenalkan dan memasarkan sebuah produk, media sosial juga kerap digunakan untuk meningkatkan brand awareness, penjualan, loyalitas pelanggan terhadap suatu merek, memudahkan komunikasi dengan pelanggan, hingga membangun hubungan jangka panjang dengan masing-masing pelanggan.

Dalam dunia digital persebaran informasi terjadi dengan cepat dapat disebabkan oleh salah satu terobosan bernama social influencer. Influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh di masyarakat, seperti selebriti, blogger, youtuber, ataupun seseorang yang memiliki keahlian pada bidang tertentu. Hal tersebut pun membuat influencer saat ini telah menjadi salah satu patokan pembeli untuk mencoba produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Namun, apa saja sih yang dilakukan influencer untuk pemasaran bisnis hingga menjadi terobosan baru kesuksesan bisnis masa kini di media sosial?

1. Mampu memahami konteks pemasaran.
Jelas saja sebelum merekrut influencer untuk dapat mempengaruhi pengguna di media sosial, perusahaan harus menentukan dan memilih bagaimana konsep yang ingin dihasilkan. Hal tersebut dilakukan agar influencer nantinya dapat membentuk suatu kesatuan cerita sesuai konteks yang diimplementasikan melalui penggunaan bahasa dan isi pesan yang mudah dipahami oleh pengguna di media sosial.

Berbeda dengan website dan blog, media sosial memiliki ruang terbatas untuk membuat postingan. Oleh karena itu diperlukan pemilihan kata dan penyusunan narasi yang simple tetapi mampu memuat keseluruhan intisari yang ingin disampaikan kepada pengguna di media sosial.

2. Memiliki kemampuan persuasif dalam berkomunikasi.
Selanjutnya, influencer tentunya merupakan seseorang yang sudah sering bertemu banyak orang di media sosial. Sehingga sedikit banyaknya telah mengerti dan mengenal kebiasaan pengguna di media sosial. Oleh karena itu, menggunakan influencer sebagai solusi dalam pemasaran bisnis adalah cara yang tepat, dikarenakan influencer mengerti cara mengkomunikasikan, meliputi bagaimana caranya pelanggan mau mendengar, merespon, dan turut melakukan transaksi. Misalnya dengan mencantumkan kalimat ajakan kepada pembaca agar mau berinteraksi, seperti beberapa pertanyaan singkat atau ajakan agar pembaca mau menandai orang lain pada postingan tersebut.

3. Membuka peluang untuk berkolaborasi dengan pelanggan.
Pada poin ini, adanya influencer mampu menimbulkan potensi untuk berkolaborasi dengan pengguna di media sosial. Hal tersebut dikarenakan pengguna media sosial akan lebih mudah tertarik dan bersedia mengeluarkan ide-idenya jika memiliki orang yang dipercaya, yang dalam hal ini influencer bertugas sebagai jembatan penyalur antara perusahaan dengan pengguna media sosial.

4. Menjaga loyalitas pelanggan.
Menggunakan influencer sebagai strategi pemasaran bisnis dapat memperbesar kemungkinan pelanggan di media sosial menjadi lebih loyal. Maknanya, influencer mampu menjaga hubungan baik antara produsen dan konsumen, dengan kata lain pelanggan bersedia untuk melakukan repurchase pada produk perusahaan. Namun, target untuk mempertahankan pelanggan merupakan tantangan bagi influencer, oleh karena itu influencer perlu melakukan strategi lain di media sosial agar lebih interaktif, seperti mengadakan giveaway atau kuis singkat. 


23 Sep 2022

Manfaat Deep Learning Yang Siap Memudahkan Bisnismu
Manfaat Deep Learning Yang Siap Memudahkan Bisnismu

Sudah menjadi sebuah fakta bahwa deep learning merupakan teknologi yang canggih dan sangat penting di era modern saat ini. Teknologi ini memiliki berbagai manfaat yang bisa memudahkan kinerja teknologi yang lain. Deep learning adalah sebuah artificial intelligence yang dapat meniru proses kerja otak manusia. Teknologi ini sangat efektif untuk mengolah data mentah dan menciptakan pola untuk keperluan pengambilan keputusan, selanjutnya kita akan mencari tau apa saja manfaat dari deep learning itu sendiri. Berikut beberapa manfaat deep learning yang siap untuk membantu memudahkan bisnismu :

1. Dapat memproses unstructures data dengan baik.
Salah satu kemampuan unggul deep learning adalah kemampuannya untuk memproses data yang tidak terstruktur. Dalam konteks bisnis biasanya ini menjadi sangat relevan ketika kamu menemukan sebagian besar data bisnis tidak terstruktur. Contohnya, data berupa teks gambar dan suara yang biasanya paling sering digunakan dalam bisnis.

Oleh karena itu, menggunakan jaringan deep learning dengan data terstruktur dan pelabelan yang sesuai dapat membantu bisnis secara optimal mulai dari pemasaran dan penjualan hingga keuangan.

2. Dapat mengurangi biaya operasional.
Penggunaan metode deep learning memang dapat menghabiskan banyak biaya, namun setelah dilatih, ini dapat membantu bisnis kamu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Dalam dunia manufaktur, konsultasi, atau bahkan ritel. Biaya untuk mengganti cacat produk sangatlah besar, sehingga akan lebih hemat jika menggunakan deep learning untuk mengurangi produk yang cacat atau gagal.

3. Mendukung algoritma paralel dan terdistribusi.
Algoritma paralel dan terdistribusi terdapat dalam model deep learning dalam skala besar. Misalnya, jika kamu melatih model di satu  komputer, diperlukan waktu hingga 10 hari untuk menjalankan semua data. Algoritma paralel dapat didistribusikan ke beberapa sistem/komputer untuk menyelesaikan pelatihan dalam waktu kurang dari satu hari.

4. Analisis lanjutan.
Metode deep learning diterapkan pada ilmu data, maka metode tersebut dapat menawarkan model pemrosesan yang lebih baik dan lebih efektif. Kemampuannya untuk bekerja tanpa pengawasan mendorong peningkatan secara terus menerus dalam akurasi dan hasil. Hal ini juga memberikan para ilmuwan data hasil analisis yang lebih andal dan ringkas.

Pada intinya, metode ini dapat digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari memahami kebutuhan klien hingga merancang hasil yang maksimal. Bagaimana tertarik untuk mempelajari deep learning dan unit penyusun AI lainnya?


08 Sep 2022

Kenali 4 Strategi Copywriter Untuk Membuat Iklan Yang Menarik Pembaca
Kenali 4 Strategi Copywriter Untuk Membuat Iklan Yang Menarik Pembaca

Seberapa seringkah kamu melihat iklan yang berhasil menarik perhatian? Misalnya, mulai dari visual produk yang disajikan hingga kalimat rayuan yang dibuat untuk menarik pembaca, seperti produk yang memberikan janji mampu menyamarkan pori-pori wajah hanya dengan sekali pemakaian. Sebagai pembaca yang memiliki kebutuhan terhadap hal tersebut, tentunya tak jarang kamu merasa terlena bahkan tergiur dengan kalimat pada iklan tersebut, sehingga membuat kamu berkeinginan untuk membeli produk itu.

Nah, kalau kamu sudah sampai di tindakan membeli produk tersebut, artinya seorang copywriter yang membuat kalimat rayuan itu telah berhasil mempersuasif pembacanya. Namun, tahukah kamu apa arti copywriter itu sendiri? Copywriter adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan pemikiran kreatif dalam bentuk tulisan persuasif yang dimaksudkan dapat menarik perhatian pembaca yang menjadi target pemasaran. Sederhananya, mengiklankan sebuah produk pastinya membutuhkan ide yang kreatif, unik, dan tidak menjatuhkan kompetitor. Oleh sebab itu, berikut 4 strategi yang harus dilakukan copywriter agar dapat membuat iklan yang menarik & mampu mempersuasif pembacanya:

  1. Menguasai produk
    Bagaimana jadinya jika seorang kunci yang mengiklankan sebuah produk tidak mengerti produk tersebut? Tentunya kamu harus mengetahui dan menguasai jenis produk yang akan dipromosikan. Jangan sampai ketika mengiklankan produk makanan, kamu malah menyampaikan informasi produk jasa. Hal ini harus kamu penuhi sebagai copywriter agar pembaca dapat menerima informasi dengan jelas sekaligus menimbulkan rasa penasaran dari pembaca iklan, yang nantinya berlanjut ke tindakan membeli produk tersebut.

  2. Mengetahui target pasar
    Sebagai copywriter, kamu harus memahami siapa saja target konsumen yang akan kamu tuju berdasarkan kesepakatan dengan perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena mengetahui target pasar akan berpengaruh kepada poin pemasaran lainnya. Cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui dan memahami target pasar adalah dengan memantau audiens yang pernah membeli produk tersebut atau audiens yang melakukan interaksi pada halaman iklan produk. Kamu juga bisa memancing pembaca dengan menampilkan teaser dari iklan agar timbul rasa penasaran pembaca untuk mengetahui apa yang akan ditawarkan.

  3. Memperhatikan jenis bahasa yang digunakan
    Selain menguasai produk dan mengetahui target pasar, sebagai copywriter kamu harus memperhatikan dan menyesuaikan jenis bahasa yang digunakan. Misalnya, ketika iklan tersebut ditujukan kepada audiens pembaca berusia 40 tahun ke atas, maka kamu harus menggunakan bahasa yang jelas sesuai dengan PUEBI dan sopan. Namun, jika iklan ditujukan kepada audiens pembaca usia belasan tahun hingga 20 an tahun, maka kamu dapat menggunakan bahasa dan konsep iklan yang lebih santai dan fleksibel, serta menggunakan tren konsep atau bahasa yang sedang trend. 

  4. Memposisikan diri sebagai audiens pembaca
    Menjadi copywriter bukan hanya bertugas membuat tulisan untuk produk yang diiklankan, melainkan turut mengambil andil dengan memposisikan diri sebagai audiens pembaca. Kamu harus menempatkan diri sebagai salah satu target pasar yang bertujuan untuk mengetahui apakah kamu sendiri menyukai atau merasa tertarik untuk membeli produk setelah melihat iklan tersebut. Selain itu, menjadi open minded dengan memposisikan diri sebagai audiens pembaca juga untuk menilai seberapa puaskah kamu jika menjadi target pasar dengan adanya iklan tersebut.
    Bagaimana? Sudahkah kamu terapkan 4 strategi copywiter di atas?

31 Aug 2022

Kenalan Dengan Teknik Legendaris Marketing: Call To Action
Kenalan Dengan Teknik Legendaris Marketing: Call To Action

Pernahkah Anda melihat tulisan “read more”, “langganan sekarang”, atau kalimat lain yang sejenis ketika sedang membaca artikel atau iklan di internet? Itu adalah contoh teknik legendaris marketing Call To Action yang secara halus mengajak Anda untuk melakukan suatu tindakan spesifik yang sudah direncanakan oleh pembuat iklan.

CTA atau call to action adalah salah satu strategi digital marketing favorit yang hampir selalu ada di setiap promosi digital karena telah terbukti efektif meningkatkan konversi. Call To Action dapat berupa teks, gambar, tombol, kata-kata, maupun bentuk lain seperti link yang mengarahkan pengunjung ke halaman untuk melakukan transaksi. Umumnya kalimat yang digunakan sebagai Call To Action adalah kata kerja yang menimbulkan kesan yang baik dan memotivasi pengguna untuk bertindak seperti “Klaim kode voucher Anda”, “Unduh GRATIS disini”, “Daftar sekarang”, dan lain sebagainya. 

Secara luas, CTA bukan hanya digunakan di website saja, melainkan juga di media sosial dan iklan. Setidaknya ada 3 jenis CTA yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan Anda :

1. CTA Interaktif
Berupa pertanyaan interaktif yang mengajak audiens berkomunikasi. Tujuannya untuk mendapatkan feedback dari audiens, cocok untuk konten survey dan riset.

2. CTA Engagement
“Simpan, siapa tau butuh”, “Bagikan jika bermanfaat”, “Like kalau kamu suka” adalah beberapa contoh CTA untuk meningkatkan engagement dari audiens.

3. CTA Conversion
CTA jenis ini digunakan khusus dan spesifik apabila tujuannya adalah untuk mengkonversi penonton menjadi pengunjung dan pengunjung menjadi pembeli. Contoh kata-kata yang sering digunakan adalah “Shop Now”, “Berlangganan dengan Harga Khusus”, dan lain sebagainya.

Sebagus apapun produk atau layanan Anda, jarang permintaan muncul dengan sendirinya. Berikan pelanggan sedikit dorongan untuk berpartisipasi dan bertindak dalam campaignmu. Gunakan Call To Action yang kuat untuk menggiring pelanggan dengan memanfaatkan sisi emosional mereka. Jadi bagaimana, mulai tertarik untuk menggunakan CTA di postingan Anda?


30 Aug 2022

On Page dan Off Page SEO, Ketahui Perbedaannya!
On Page dan Off Page SEO, Ketahui Perbedaannya!

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari SEO, untuk mengoptimalisasikan SEO tentu ada caranya. Salah satunya yaitu memahami terkait On Page dan Off Page SEO. Dengan mengimplementasi cara ini, akan membantu meningkatkan visibilitas website kamu. Hal yang tidak kalah penting juga bahwa On Page SEO dan Off Page SEO sebaiknya dijalankan keduanya. Karena apabila hanya satu, tentu hasilnya tidak akan maksimal di mesin pencarian.

Sebelum masuk ke poin-poinnya, perlu dipahami terlebih dahulu terkait pengertiannya. On Page SEO merupakan upaya mengoptimalkan konten pada halaman website (internal), sedangkan Off Page SEO kebalikannya, yaitu mengoptimalkan di luar halaman website (eksternal).

Berikut beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara On Page SEO dengan Off Page SEO yang perlu diketahui bagi pemilik website, antara lain:

1. Meta Description
Meta description merupakan rangkuman dari konten pada website untuk kepentingan pengguna dan mesin pencari. Meta description sudah tidak asing lagi bagi SEO Specialist. Karena sangat penting untuk keberhasilan SEO dan dapat menempatkan website kamu di halaman pertama mesin pencarian.

2. URL Title
URL atau Uniform Resource Locator merupakan alamat yang diarahkan untuk menuju website. Untuk membuat URL title yang baik, dianjurkan menuliskan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Dengan itu URL title akan mudah terbaca dan akan meningkatkan kunjungan website kamu.

3. Gambar
Semakin lengkap dan jelas sebuah konten pada halaman website, akan lebih menarik minat pembaca. Maka dari itu perlu untuk menambahkan gambar sebagai visualisasi pada halaman.

4. Site Speed
Site speed sangat berfungsi untuk meningkatkan kecepatan membuka website. Pengunjung akan memperhatikan site speed setiap ingin mengetahui isi dari sebuah web. Pengunjung juga sangat menghindari loading website yang lama, dengan itu akan mempengaruhi juga pada mesin pencari.

5. Internal Link
Internal link bertujuan untuk menghubungkan satu konten dengan konten lainnya dalam satu website. Dengan cara ini, mesin pencari dapat lebih memahami site structure website dan menyediakan konten yang relevan kepada pengguna.

Untuk Off Page SEO, beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:

1. Back Link
Back link merupakan tautan yang mereferensikan atau mengarah ke website lain (external link). Para ahli SEO sepakat bahwa back link sangat membantu untuk mengoptimalkan web agar menduduki peringkat atas di mesin pencarian.

2. Google My Business
Dengan adanya Google My Business, pemilik bisnis sebaiknya mendaftar agar keberadaan bisnisnya diketahui oleh Google. Dengan mencantumkan kontak, alamat, dan customer review, bisnis kita akan ditampilkan pada GMB listing ketika user mencari kata kunci atau keyword dengan lokasi spesifik di dalamnya.

Jadi bagaimana dengan bisnismu, apakah sudah mengoptimalkannya dengan teknik SEO?

20 Aug 2022

Mengapa Media Sosial Dijadikan Wadah Untuk Penerapan Pemasaran Digital?
Mengapa Media Sosial Dijadikan Wadah Untuk Penerapan Pemasaran Digital?

Media sosial kerap digunakan sebagai saluran pemasaran, yang bertujuan untuk membangun brand melalui percakapan di media sosial yang menyediakan cara untuk membangun brand awareness dan brand recognition serta meningkatkan brand recall dan brand loyalty. Artinya, media sosial dapat berguna untuk membangun agar sebuah brand dapat semakin dikenal dan diingat oleh khalayak dengan baik hanya dengan melihat ciri khasnya, seperti logo, yang kemudian membuat pelanggan memiliki komitmen untuk menggunakan brand tersebut.

Di sisi lain, media sosial memiliki karakteristik yang terdiri dari individu yang berpartisipasi, keterbukaan antara pemilik konten dan audiens, komunikasi antara pihak terlibat, komunitas, dan hubungan antara pihak terlibat. Sehingga, media sosial dapat menjadi sebuah peluang bagi wirausahawan, kelompok pebisnis kecil, perusahaan sedang, hingga perusahaan besar dalam membangun brand dan bisnisnya.

Sejalan dengan pernyataan di atas, media sosial dalam pemasaran digital juga berperan sebagai alat untuk melakukan promosi sebuah brand untuk menjangkau para calon pelanggan. Oleh karena itu terdapat beberapa alasan mengapa media sosial dijadikan wadah untuk penerapan strategi pemasaran digital, berikut penjelasannya:

1. Dapat memperluas pasar.
Internet merupakan wadah yang bisa dikatakan tanpa batas, dimana pelanggan dapat memanfaatkan sarana internet untuk menemukan yang mereka cari. Jika pemilik usaha atau brand yang memanfaatkan internet untuk berbisnis, maka transaksi pun akan berjalan melalui digital. Sehingga, pangsa pasar yang dicapai akan menjadi lebih luas dikarenakan memiliki calon pelanggan yang bisa berasal dari berbagai penjuru. Selain itu, algoritma yang dibuat dapat menjurus kepada kelompok dan target tertentu.

2. Meningkatkan potensi keuntungan.
Keuntungan pada dasarnya menjadi tujuan semua orang dalam menjalankan bisnis. Dengan memaksimalkan penggunaan sosial sebagai sarana pemasaran digital, maka akan mampu meningkatkan peluang keuntungan. Sehingga, penggunaan tersebut akan membuat transaksi yang dilakukan secara online dapat menghemat biaya pengeluaran, seperti biaya operasional gedung, biaya sewa lapak, biaya listrik, dan semacamnya yang ada pada transaksi tradisional.  

3. Sebagai sarana bersaing.
Sudah tak heran jika perusahaan-perusahaan dapat melancarkan pemasarannya dengan menyewa jasa digital marketing agency sehingga mereka dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Namun, media sosial dapat menjadi solusi bagi usaha kecil atau UMKM untuk turut mampu bersaing dengan perusahaan besar secara optimal, yang tentunya memanfaatkan keahlian mereka dalam menggunakan media sosial. Namun, tetap dibarengi dengan keandalan serta ilmu yang cukup dalam penggunaan dan aplikasinya.

4. Modern dan profesional.
Bisnis yang dilakukan dengan pemanfaatan media sosial akan membawa dampak pada image usaha yang terkesan modern dan kekinian. Hal ini karena produk-produk yang dipasarkan secara digital tentunya akan akan lebih dikenal baik oleh konsumen karena muncul di media sosial. Konsumen akan mudah menjangkau produk dan jasa yang dipasarkan, tanpa harus mendatangi toko, yang mana hal ini tentunya akan sangat memberi kontribusi yang positif bagi pemasar atau produsen. 


19 Aug 2022